Manfaat Menonton Film Horror Bagi Tubuh

Dikala nonton film horor, jantung selalu berdegub cepat dan nafas jadi lebih terengah-engah. Malahan hingga ada yang berharap pingsan. Tapi sebetulnya, nonton film horor tak melulu mendatangkan efek negatif. Beberapa penelitian menceritakan bahwa film horor ternyata mempunyai manfaat positif bagi tubuh. Jadi, jika Anda gemar menonton film horor, jangan ragu datang ke bioskop atau anda juga bisa nonton film online secara streaming di rumah sehingga pengeluaran kamu tidak akan membengkak.

Film horor terbaru yang dikala ini sedang tayang di bioskop Indonesia yaitu”The Nun”. Bagi Anda yang mencontoh sekuel film “The Conjuring”, nama hantu Valak yang menyeramkan pasti tak mengherankan lagi.

Walaupun menyeramkan dan banyak memberi kejutan-kejutan, film horor ternyata mempunyai manfaat untuk kesehatan. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa film horor bisa memberi efek positif bagi kesehatan Anda dengan cara yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya.

Berikut manfaat kesehatan dari nonton film horor:

Membakar kalori

Satu studi dari University of Westminster memperlihatkan bahwa duduk selama 90 menit menonton film horor bisa membakar lebih banyak kalori ketimbang film dengan ketegangan rendah. Para peneliti memantau denyut jantung para peserta, termasuk kadar stres mereka dikala menyaksikan film horor. Stres yang dialami peserta meningkatkan denyut jantung dan memberikan aliran adrenalin.

Jadi, film horor mana yang paling banyak membakar kalori? Menurut penelitian, film karya Stanley Kubrick, “The Shining” (1980), bisa membakar 184 kalori. Itu kira-kira sama dengan 30 menit berjalan kaki!

Membantu menghapus rasa khawatir dan takut

Film horor juga bisa membantu orang yang mempunyai tingkat kecemasan tinggi. Dalam wawancara dengan Broadly, Dr. Mathias Clasen menjelaskan bagaimana film yang menyeramkan membantu Anda memecahkan kekhawatiran.

Clasen mengungkap bahwa nonton film horor memberi otak Anda peluang untuk memecahkan kecemasan dan melepaskan ketegangan. Studi juga memperlihatkan bahwa kecemasan yang disebabkan oleh film mempunyai kekerabatan positif dengan sebagian komponen otak.

Salah satu hal yang membikin efek positif ini yaitu kenyataan bahwa film akan berakhir. Tokoh protagonis mungkin dibunuh oleh monster, namun Anda masih aman. Ini akan memberikan rasa kontrol, yang penting bagi orang dengan kecemasan tinggi.

Dapat meningkatkan imunitas

Film horor bisa membikin Anda merasa lebih baik dan lebih sehat. Temuan lain yang mengaitkan film horor dengan pembakaran kalori menjelaskan bahwa film horor memperkuat cara kekebalan. Alasannya yaitu menonton film horor akan meningkatkan leukosit, yang melindungi tubuh terhadap penyakit menular dan virus asing.

Peneliti membagi peserta penelitian menjadi dua kategori. Peserta pertama menonton film horor yang tak pernah dipandang sebelumnya yaitu “Texas Chainsaw Massacre” produksi tahun 1974. Kemudian kategori lainnya berada di dalam kamar untuk jumlah waktu yang sama. Sesudah itu, sampel darah diambil dan dipelajari. Para ilmuwan menemukan bahwa kategori pertama mengalami peningkatan leukosit yang signifikan.

Kini semuanya dikembalikan terhadap diri Anda masing-masing. Seandainya Anda mempunyai rasa takut yang sangat berlebih, lebih baik jangan dipaksakan untuk nonton film horor. Akan namun, jika Anda cukup bernyali, sekali-kali bolehlah film horor diwujudkan pilihan. Kecuali mengasyikan, juga berkhasiat untuk membakar kalori dan meningkatkan imunitas. Selamat menonton!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *